Seleksi Penulisan Puisi

Calon Blogger 11.56
Menjelang Bulan Bahasa, saya dapat tugas menyeleksi anak-anak dalam lomba penulisan puisi naratif. Nanti akan ada tayangan (visual) yang kemudian anak-anak harus membuat puisi tentang tema yang terkandung dalam tayangan tadi dalam waktu 60 menit. Tentu saja diksi dan kesesuaian tema menjadi kriteria. Termasuk juga penggunaan gaya bahasa (majas) tak luput dari penilaian tim juri nantinya.

Ternyata anak Espara keren-keren puisinya. Ini saya tampilkan beberapa hasil karya mereka :

Janji Senja Kita
 by : Yuniska

Tertunduk aku
Di atas batu berdebu
Desir angin menemaniku
Saat aku diam termangu
Membawa lamunan jauh ke dasar sukmaku

Ingatkah kau, kawan !
Dulu kita pernah berjanji
Di bawah pohon cemara pagi
Di atas keelokan daun semanggi
Sunyi sekali

Ingatkah kau, kawan!
Saat kau mengajakku pacaran
Aku mulai kebingungan
Tercengang, kaku, mencari jawaban
Pikiranku berkeliaran
Hatiku tak karuan

Aku pikir, kawan!
Buat apa kita pacaran
Kita tak punya modal jajan

Aku pikir, kawan!
Untuk apa kita pacaran
Jika dosa kita cemarkan
Lebih baik kita berteman
Dalam rengkuhan persahabatan
Dengan hidup penuh jabat tangan
Tanpa saling bermusuhan
Tanpa ada kecemburuan

Janjimu, janjiku
Akan selalu mengeras di peraba suaraku
Bahwa kita akan bersama selalu
Hingga selaput jala matamu
Mengabur dalam senjaku


Ibu
by : Ratih Ulfa Istikomah

Kala fajar tiba
Kala mentari menyapa
Kau tlah bekerja
Tak pernah mengeluh
Walaupun ku tau kan lelah
Kau tetap tegar hadapi segala masalah

Senakal apapun kelakuanku
Seburuk apapun sikapku
Dengan sabarnya kau belai aku
Menasihatiku
Dengan kelembutan hatimu

Kau ajari aku banyak hal
Kau cucurkan keringatmu
Kau curahkan pikiranmu
Hanya demi aku
Demi masa depanku

Tak peduli badai menerpa
Tak peduli adanya nestapa
Kau tetap berusaha
Berusaha bantu wujudkan cita-cita

Ibu...
Dalam setiap doaku
Ku slalu menyebut namamu
Berharap Tuhan membalas kebaikanmu
Berharap Tuhan beri yang terbaik untukmu
Berharap Tuhan beri surga-Nya untukmu

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

terima kasih komentarnya... EmoticonEmoticon